Teknik Membuat Fidget Spinner Sederhana Sendiri

Posted on

 

Teknik Membuat Fidget Spinner Sederhana Sendiri – Sebagian dari anda tentu sudah tidak asing dengan yang namanya fidget spinner. Ya, fidget spinner merupakan sebuah mainan yang tengah booming di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Memang fidget spinner ini tak ada kaitannya dengan elektronika.

Namun tak ada salahnya di waktu luang yang kita miliki, kita buat mainan yang dapat menghilangkan stres seperti fidget spinner ini. Saat ini ada banyak sekali penjual fidget spinner baik online maupun offline. Mereka menjual fidget spinner dengan harga yang berfariasi tergantung fitur yang dimilikinya.

Ada fidget spinner yang dibuat dari bahan metal. Ada pula fidget spinner yang punya fitur glow in the dark alias dapat menyala dalam gelap. Saking populernya mainan yang satu ini, banyak orang yang rela membeli hanya karena penasaran dan ingin mencoba yang namanya fidget spinner.

Fungsi atau Manfaat Fidget Spinner

Tak sedikit pula orang yang bertanya-tanya sebenarnya apa fungsi dari fidget spinner? Sebenarnya tak ada fungsi khusus dari alat yang satu ini, karena fidget spinner hanya digunakan sebagai mainan saja. Namun tak banyak orang tau bahwa ada manfaat besar dari aktifitas fidgeting.

Biasanya seseorang melakukan aktivitas tertentu seperti mengetok meja ataupun memutar bolpoin saat sedang bosan. Aktivitas tersebut dilakukan secara tidak sadar sebagai respon otak terhadap kecemasan atau kebosanan yang sedang melanda. Ternyata aktivitas fidgeting tersebut punya banyak sekali manfaat.

Beberapa diantaranya bisa melatih otak kanan dan otak kiri. Aktifitas fidgeting juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan konstentrasi, melancarkan aliran darah, hingga mengurangi resiko pekerja yang sering menghabiskan waktunya dengan posisi duduk. Itulah beberapa manfaat yang juga bisa dirasakan ketika anda memainkan fidget spinner.

Cara Membuat Fidget Spinner

Saat ini harga fidget spinner di pasaran terbilang masih cukup tinggi mengingat pamornya yang juga masih sangat booming. Namun jika anda ingin mencobanya, ada baiknya anda membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Berikut daftar beberapa bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat fidget spinner.

  • 3 hingga 4 buah bearing / klaker sesuai dengan kebutuhan
  • 4 hingga 9 buah kabel ties / tali jepit sesuai kebutuhan
  • cat semprot dengan warna sesuai keinginan
  • gunting dan cutter untuk memotong kabel ties

Nah, setelah semua alat dan bahan tadi sudah siap, anda bisa langsung mulai proses pembuatan fidget spinner. Pertama-tama silahkan tentukan anda ingin membuat fidget spinner dengan 3 bearing atau 4 bearing. Setelah itu rangkai kabel ties sesuai dengan pola. Masukkan bearing, lalu kencangkan semua kabel ties.

Yang terakhir potong kabel ties agar rapih dan semprot menggunakan cat semprot yang telah disiapkan sebelumnya. Jika anda masih bingung, bisa langsung tonton video cara membuat fidget spinner sederhana menggunakan bearing dan juga kabel ties melalui link video youtube di bawah ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah tadi anda sudah bisa membuat fidget spinner sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang tentunya jauh lebih murah ketimbang anda membelinya. Jika informasi tentang cara membuat fidget spinner sederhana sendiri ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman anda.