Skema Rangkaian Lampu Taman

Posted on

Rangkaian Lampu Taman tentu saja memiliki fungsi untuk membuat penerangan di area taman di rumah anda. Dengan keberadaan taman pada rumah atau mungkin juga pusat kota yang biasanya ditanam di area taman tersebut tentu bisa menambah keindahan dan juga kenyamanan area taman tersebut. Tentu juga lampu taman bisa membuat lingkungan terasa lebih asri.

Tentu saja jika taman tersebut dilengkapi dengan aneka lampu warna-warni yang jika bersinar di malam hari akan bisa membuat area taman akan semakin terlihat indah dan berwarna-warni. Namun ada kalanya sang pemilik atau pengelola dari taman tersebut kadang lupa untuk menyalakan atau mematikan lampu tersebut. Dan untuk memudahkan pengelola mematikan dan menghidupkan lampu taman tersebut, tentu ada cara tersendiri berupa rangkaian lampu taman otomatis yang bisa anda terapkan di area taman tersebut.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Taman

rangkaian-lampu-taman

Rangkaian lampu taman otomatis ini merupakan rangkaian lampu yang digunakan untuk mengendalikan lampu jalan dan juga lampu taman secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk menyalakannya dan juga mematikannya ketika tidak membutuhkannya. Cukup dengan hanya menyalakan rangkaian lampu otomatis ini sekali saja, maka lampu ini secara otomatis akan bekerja sendiri dalam mengelola dan juga mengontrol dirinya dengan menggunakan sensor untuk merasakan cahaya terang dan gelap di sekitarnya.

Di dalam skema lampu taman otomatis ini terdapat komponen IC LM358 yang akan bekerja sebagai komparator. Sementara Transistor BC 548 akan berfungsi sebagai saklar on dan juga off untuk menyalakan relay yang terdapat di dalam rangakaian. Sedangkan komponen Potensiometer dengan besaran 10 K akan digunakan untuk mengatur sensitivitas dari lampu taman otomatis tersebut.

Jika di sekitar rangkaian lampu tersebut gelap, maka hal ini dapat dikontrol dengan memvariasikan potensiometer 1o K tersebut dan tegangan di pin 3 atau LDR akan menjadi lebih besar dari tegangan yang terdapat di pin 2 dan juga output komparator naik. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan transistor akan menyala dan juga relay akan terhubung. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian lampu taman, semoga rangkaian kali ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *