Skema Rangkaian Lampu Seri

Posted on

Rangkaian Lampu Seri adalah rangkaian dari lampu yang memiliki komponen didalamnya dimana akan dipasang secara seri atau juga dipasang dengan sejajar. Rangkaian lampu seri ini memang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitar anda. Yang paling mudah tentu saja lampu senter yang memang menggunakan konsep rangkaian lampu seri. Tentunya rangakaian ini ada keunggulan dan juga kelemahannya

Rangkaian lampu seri ini adalah rangkaian lampu yang akan menggunakan input dan output yang sama dimana akan mengalir pada satu cabang saja. Rangkaian lampu seri ini keunggulan dan juga kelebihannya adalah dengan penghematan di sektor biaya dan juga bahan yang memang akan memakai kabel penghubung yang lebih sedikit. Pasalnya rangkaian ini akan menggunakan 1 cabang saja yang menghubungkan antara komponen. Namun kelemahan dari rangkaian lampu seri ini adalah dengan adanya keterikatan antara komponen tersebut.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Seri

rangkaian-lampu-seri

Kelemahannya adalah jika saja di salah satu komponen di dalam rangkaian lampu seri tersebut rusak atau juga dicabut dan juga mengalami beberapa permasalahan, praktis aliran tidak berfungsi dan juga komponen lain tidak akan bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya. Rangkaian lampu yang disusun seri memang saling terkait dan terikat di antara masing-masing lampu tersebut. Input did alam rangkaian tersebut memang berasal dari masukan yang sama. Oleh sebab itu jika di dalam rangkaian tersebut ada kerusakan sedikit saja, maka lampu tidak akan hidup

Beberapa karakteristik dan juga ciri khas dari rangkaian lampu seri atau rangkaian seri ini adalah :

  • Rrangkaian lampu seri akan dialiri listrik di satu cabang saja.
  • Rangkaian lampu seri ini memiliki hambatan total dimana merupakan jumlah total dari semua hambatan di rangkaian tersebut.
  • Di setiap komponen di rangkaian seri tersebut akan memiliki nilai yang sama

Demikian pengertian dari rangkaian lampu seri yang memang memiliki karakteristik dan juga sisi menarik tersendiri. Dan tentunya kelebihan dan juga kekurangan di dalam rangkaian ini juga mempengaruhi pemilihan dalam merangkai komponen untuk perangkat elektronik.

Related Ilmu Teknik:
rangkaian lampu ajaib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *