Skema Rangkaian CDI Mobil

Posted on

Rangkaian CDI Mobil termasuk ke dalam salah satu Rangkaian CDI yang bisa anda temui. Dan rangkaian CDI ini memiliki arti dan juga kepanjangan dari Capasitive Discharge Ignition yang memiliki fungsi yaitu rangkaian elektronik pada kendaraan bermotor yang memiliki tugas guna mengatur system perapian dengan cara mengosongkan kapasitor di dalam rangkaian CDI tersebut. Tentu saja nama CDI sudah sangat familiar bagi para pecinta dunia otomotif dan juga sudah sangat dihafal. Fungsi dan juga kegunaan dari rangkaian CDI tersebut memang cukup vital. Keunggulan dari rangkaian CDI tersebut diantara lain :

  • Rangkaian ini bisa mengefisiensikan BBM atau Bahan Bakar Minyak pada kendaraan bermotor termasuk mobil.
  • Rangkaian CDI ini bisa menyeragamkan besaran tegangan yang keluar sama halnya dengan muatan kapasitor di dalam mobil tersebut
  • Rangkaian CDI bisa juga untuk meningkatkan tenaga mesin dari mobil.

Dan di setiap kendaraan bermotor termasuk mobil, mempunyai bentuk dari rangkaian CDI yang berbeda-beda. CDI bisa menggunakan satu bunga api atau juga menggunakan bunga api yang cukup banyak yang menjadi salah satu rangkaian yang bisa anda buat. Dan tentu saja rangkaian CDI bisa anda rangkai sendiri.

Gambar Skema Rangkaian CDI Mobil

rangkaian-cdi-mobil

Di dalam skema rangkaian CDI mobil tersebut, rangkaian ini akan menggunakan komponen IC IR 2155 sekitar 2 buah. Kedua komponen tersebut, mempunyai tugas dan juga kegunaan yang berbeda-beda. Kegunaan pertama untuk switch. Sedangkan kegunaan lain berfungsi untuk inverter. Untuk switch sendiri, di dalam skema rangkaian tersebut akan menggunakan mosFET IRF 822 yang mempunyai frekuensi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan transistor atau komponan SCR yang melebihi 20 kHz. Sementara inverternya akan menggunakan mosFET MTP 3055 SE.

Prinsip Kerja Rangkaian CDI

Sedangkan prinsip dan cara kerja dari rangkaian CDI adalah :

  • Rangkaian tersebut akan mengambil penguapan hasil pembakaran BBM dari Karburator
  • Lalu rangkaian ini akan memberikan tekanan uap kepada Bahan Bakar Minyak yang terdapat di dalam motor.
  • Rangkaian CDI ini akan melakukan pembakaran uap kembali setelah dikompres
  • Setelah selesai, CDI akan membuang gas dari pembakaran.

Demikian penjelsan singkat tentang Rangkaian CDI Mobil, semoga rangkaian ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Related Ilmu Teknik:
rangkaian lampu hpit 400 watt,skema rangkaian lampu hpit,skema ragkaian lampu sorot 400w

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *