Pengertian Tranduser, Kapasitor dan Sensor

Posted on
Pengertian Tranduser – transducer adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah satu bentuk daya menjadi bentuk daya lainnya untuk berbagai tujuan termasuk pengubahan ukuran atau informasi (misalnya, sensor tekanan). Transduser bisa berupa peralatan listrik, elektronik, elektromekanik, elektromagnetik, fotonik, atau fotovoltaik. Dalam pengertian yang lebih luas, transduser kadang-kadang juga didefinisikan sebagai suatu peralatan yang mengubah suatu bentuk sinyal menjadi bentuk sinyal lainnya.Contoh yang umum adalah pengeras suara (audio speaker), yang mengubah beragam voltase listrik yang berupa musik atau pidato, menjadi vibrasi mekanis. Contoh lain adalah mikrofon, yang mengubah suara kita, bunyi, atau energi akustik menjadi sinyal atau energi listrik.
Pengertian Tranduser
Sebuah definisi mengatakan bahwa “transducer adalah sebuah alat yang bila digerakkan oleh energi di dalam sebuah sitem transmisi, menyalusrkan energi dalam bentuk yang sama atau dalam bentuk yang berlainan ke sistem transmisi kedua”. Transmisi kedua ini bisa listrik, mekanik, kimia, optik (radiasi) atau termal (panas).

Pengertian Kapasitor

Pengertian Kapasitor – Kapasitor adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dan terdiri dari dua konduktor yang dipisahkan oleh bahan penyekat (dielektrik) yang pada tiap konduktor atau yang disebut keping. Kapasitor biasanya disebut dengan sebutan kondensator yang merupakan komponen listrik dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan muatan listrik.
Pengertian Kapasitor
Prinsip kerja kapasitor pada umunya hampir sama dengan resistor yang juga termasuk ke dalam komponen pasif. Komponen pasif adalah jenis komponen yang bekerja tanpa memerlukan arus panjar. Kapasitor sendiri terdiri dari dua lempeng logam (konduktor) yang dipisahkan oleh bahan penyekat (isolator). Penyekat atau isolator banyak disebut sebagai bahan zat dielektrik.

Pengertian Sensor

Pengertian Sensor – Sensor merupakan suatu komponen yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel yang keluar dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser.
Pengertian Sensor
Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi. Sensor merupakan komponen yang sering digunakan pada peralatan elektronik. Dengan menggunakan komponen ini maka peralatan elektronik dapat bekerja sesuai dengan fungsinya . Contoh nya sensor cahaya , suara , getaran dll.

Related Ilmu Teknik:
artikel tentang toleransj,perbedaan transistor c945 dan c9013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *