Pengertian dan Rangkaian Sensor Suhu

Posted on

Sensor suhu adalah  komponen yang dipakai tuk merubah besaran panas jadi listrik dan sangat gampang untuk di analisa besarannya. Pembuatan sensor ini bisa memakai sejumlah metode, dimana salah satu caranya adalah dgn cara memakai material yang terhadap suatu arus elektrik akan mengubah hambataanya tergantung dari suhunya.

Material logam apabila panasnya meningkat akan menyebabkan meningkat pula besar hambatannya trhdp arus listrik. Logam bisa juga dibilang sbg muatan positif yg ada di dlm elektron, dimana elektron ini dapat bergerak bebas. Bila suhu meningkat elektron-elektronnya menjadi bergetar, terus getarannya semakin bertambah besar sejalan dgn bertambahnya suhu yang ada. Dalam kondisi besarnya getaran itu, membuat logam memiliki nilai hambatan yang bertambah karena gerakan elektron yang terhambat.

Bahan semikonduktor memiliki sifat yang sebaliknya atas logam, yaitu nilai hambatannya akan terus turun bila suhu bertambah besar. Kondisi ini disebabkan oleh karena keadaan yang lebih tinggi suhunya menyebabkan elektron dari material ini jadi pindah ketingkatan yang teratas dan membuatnya bisa dgn bebas bergerak. Dengan terus terjadinya pertambahan suhu, maka semakin bertambah pula elektron  dari semikonduktor ini yang bebas bergerak dan hasilnya adalah nilai hambatannya akan terus  berkurang.

 Rangkaian Sensor Suhu LM35

Terdapat 4 ( empat ) jenis sensor suhu yang rangkaian umumnya ada dipasaran, yaitu Thermokopel; Thermistor (Thermal Sensitive Resistor atau Thermal Resistor); Resistance Temperature Detectors (RTD); dan yang terakhir adalah IC LM 35. Namun kali ini saya ingin membahas rangkaian sensor suhu lm35.

Sensor suhu lm35 adalah satu dari empat jenis lainnya yang paling terkenal akan mudahnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan kesederhanaannya. Sumber tegangannya bisa tunggal atau dua sumberpun juga bisa. Berikut beberapa karakteristik komponen sensor suhu lm35:

  • Kalibrasi secara langsung pd °C
  • Skala faktor linear-nya ±10mV/°C
  • Range-nya diantara +150 °C s/d -55°C
  • Arusnya kurang dr 2µA
  • Pemanasannya yg rendah di 0,08°C

Contoh dari pengaplikasian dari rangkaian sensor suhu lm35 adalah sistem monitor suhu rumah kaca dan sistem monitor dari suhu ruang pd laboratorium kimia. Komponen utama yang digunakan adalah LED (bebas warna: hijau, merah ataupu biru; boleh), Resistor Trimport/ Variabel 10K ohm, IC LM393; Resistor 470Ohm; dan tentunya IC LM35. Berikut adalah skema rangkaian sensor suhu lm35:

rangkaian sensor suhu lm35

(klik untuk memperbesar) sumber: http://zhiescreamous.wordpress.com/2012/05/14/sensor-suhu-sederhana-menggunakan-lm35/

Dibagian IC LM35 berfungsi untuk menerima input suhu yang terus menuju IC LM393. IC LM393 fungsinya untuk komparator yang membagi tegangan, dimana hasil keluaran dari LM35 akan masuk kekaki inverting. Berbeda dgn kaki noninverting, fungsinya untuk potensi yaitu pengatur keluaran inputannya. Kaki delapan sebagai VS+ batas tgangan kerja IC LM393 adalah VDC , serta kaki empat untuk VS-. Di keluarkan dari kaki tujuh, output yang dihasilkan oleh komparator dan diberi LED sebagai indikator.

Op-Amp 393 memiliki fungsi untuk komparator pembanding tegangan, yaitu membanding an setiap tegangan yang masuk dikaki inverting dimana pengaturannya memakai potensiometer yang terletak pada kaki noninverting. Vref dihubungkan dengan+Vsupply, dan R1 serta R2 dipakai untuk membagi tegangan, dengan demikian nilai tegangannya yg direferensi kan pada masuk kan + op-amp ialah se besar : V=[R1/(R1+R2)]*Vsupply

Contoh dari IC LM393:

Contoh IC LM393

sumber:
http://zhiescreamous.wordpress.com/2012/05/14/sensor-suhu-sederhana-menggunakan-lm35/

IC LM393 memiliki 2 input yang ter diri dari  inverting serta non inverting dan dua output, dimana kaki empat untuk ground sedangkan kaki delapan untuk Vcc. Gimana, mudah bukan. Silahkan disimulasikan memakai projectboard ya. Semoga sukses rangkaian Sensor Suhu lm35 nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *