Mengetahui Harga Kapasitor Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

Posted on

Mengetahui Harga Kapasitor Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung – Tak banyak orang yang tahu bahwa dalam sebuah mesin cuci baik itu 1 tabung ataupun 2 tabung terdapat salah satu komponen elektronika yang sangat penting, yaitu kapasitor. Peran kapasitor dalam mesin cuci sama pentingnya dengan motor listrik. Jika kapasitor rusak, maka mesin cuci tak akan bisa digunakan.

Apapun merk mesin cuci, mulai dari Sanyo, Samsung, Sanken, Sharp, Polytron, LG dan lain-lain, semuanya pasti menggunakan yang namanya kapasitor. Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa fungsi kapasitor dalam sebuah mesin cuci? Jika kita amati, kapasitor berperan sebagai penggeser sudut fasa antara tegangan dan arus yang berada pada kumparan utama dan kumparan bantu.

Jumlah serta ukuran kapasitor dalam mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung berbeda-beda tergantung si produsen pembuat mesin cuci itu sendiri. Kapasitor juga punya peran yang sangat penting dalam mensupport daya ke motor listrik. Jika kapasitor mengalami masalah, secara otomatis motor tidak bisa berputar, dan mesin cuci tidak akan bekerja.

Harga Kapasitor Mesin Cuci

Biasanya mesin cuci automatic alias satu tabung hanya menggunakan satu buah kapasitor. Sebaliknya untuk mesin cuci dua tabung biasanya menggunakan dua buah kapasitor yang dijadikan satu. Daya listrik akan disimpan sementara di dalam kapasitor yang selanjutnya akan dialirkan ke motor listrik.

Ada beberapa jenis kapasitor tergantung ukuran, mulai dari 4 mf, 5 mf, 6 mf, 8 mf, 10 mf, dan juga 12 mf. Biasanya kapasitor 4 mf, 5 mf, dan 6 mf digunakan untuk motor pengering. Sedangkan kapasitor 8 mf, 10 mf, dan juga 12 mf digunakan untuk pencuci. Sebenarnya mudah saja mengenali mesin cuci yang rusak kapasitornya.

Jika diamati, mesin cuci yang putaran motornya lemah atau lambat, berarti kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kapasitornya. Saat kapasitor mesin cuci rusak, anda harus menggantinya dengan yang baru. Dimana kita bisa beli kapasitor untuk mesin cuci? Jawabannya adalah di toko-toko komponen elektronik.

Sebagai bahan referensi dan pertimbangan, kali ini kami akan bagikan sedikit info mengenai harga kapasitor mesin cuci baik 1 tabung ataupun 2 tabung berbagai macam merk. Anda bisa membelinya secara online ataupun offline di toko komponen elektronik yang dekat dengan rumah anda. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Kapasitor mesin cuci 5+12 mf JP : Rp. 35.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 6 + 10 mf – 450 v JP : Rp. 26.500,-
  • Kapasitor mesin cuci 4 + 12 mf – 450 v JP : Rp. 26.500,-
  • Kapasitor mesin cuci 4 + 10 mf – 450 v JP : Rp. 25.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 6 + 12 mf – 450 v JP : Rp. 28.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 5 + 12 mf – 450 v JP : Rp. 27.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 5 + 10 mf – 450 v JP : Rp. 25.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 5 + 12 mf Unicon : Rp. 30.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 5 + 10 mf Unicon : Rp. 29.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 6 + 12 mf Unicon : Rp. 29.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 4 + 10 mf Unicon : Rp. 27.000,-
  • Kapasitor mesin cuci 4 kabel : Rp. 35.000,-

Itulah tadi referensi mengenai daftar harga kapasitor mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung dengan berbagai macam merk dan ukuran. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan tentunya di masing-masing daerah berbeda. Akan tetapi harga tersebut masih bisa anda jadikan patokan saat beli kapasitor untuk mesin cuci.

Jika informasi terkait harga kapasitor mesin cuci ini bermanfaat, jangan segan-segan untuk membagikannya kepada para sahabat dan kerabat anda melalui social media. Kami berharap dengan adanya info ini dapat membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan seputar elektronika. Sampai jumpa.

Related Ilmu Teknik:
684j 400volt kapasitor,cara menentukan capasitor 4mf 10mf