Langkah-langkah Mengukur Kapasitor dengan Multimeter Jenis Digital

Posted on
Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter sangat mudah. Mengukur kapasitor itu sama mudahnya dengan mengukur resistor. Untuk mengukur kapasitor itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan multimeter digital namun harus diuji dulu dengan multimeter  analog. Sedangkan kapasitor sendiri merupakan salah satu komponen elektronika yang berguna sebagai penyimpan muatan listrik yang sementara. Sedangkan untuk penggunaan kapasitor tersebut sangat luas pada beberapa rangkaian elektronika.

Pengujian Kapasitor dengan Multimeter Analog

 

 
Agar Anda bisa melakukan pengukuran dengan tepat, Anda harus melakukan pengujian terhadap
kapasitor terlebih dahulu.
Jika kapasitor masih dalam kondisi baik, maka kapasitor itu nilainya bisa diukur. Simak
cara menguji kapasitor menggunakan multimeter analog berikut ini :
 Langkah:
  1. pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda harus memasukkan kabel penyidik dengan warna merah ke bagian lubang kabel yang ada tandanya positif. Sedangkan untuk kabel dengan warna hitam harus dimasukkan ke dalam kabel penyidik dengan tanda negatif.
  2. Setelah itu aturlah posisi jarum pada multimeter menggunakan sekrup. Anda harus mengatur jarum yang ada pada papan dengan skala yang ada di angka nol. Sedangkan untuk saklar jangkauannya bisa Anda letakkan di posisi Ohm meter.
  3. Aturlah batas range di posisi x1, x10 atau bisa juga ke k Ω sesuai dengan yang dibutuhkan.
  4. Pertemukanlah bagian ujung dari kedua probes. Setelah itu Anda bisa mengatur posisi jarum ke bagian papan skala dengan menunjuk angka 0. Cara mengatur posisi jarum ini, Anda bisa menggunakan tombol pengatur posisi jarum.
  5. Setelah memposisikan jarum tersebut dan probe pada multimeter sudah saling dihubungkan, Anda bisa melihat apakah kapasitor dalam kondisi baik atau telah rusak.
  6. Jika kedua probe multimeter sudah terhubung ke kedua kaki kapasitor, kondisi jarum bergerak ke bagian kanan secara penuh itu tandanya kapasitor terjadi hubungan pendek atau short.
  7. Saat probe multimeter sudah terhubung ke kedua kaki kapasitor dan jarum yang ada multimeter bergerak ke kanan lalu kembali ke bagian kiri namun tidak penuh. Itu tandanya jika kapasitor yang Anda miliki mengalami kebocoran.
  8. Kapasitor yang baik adalah ketika kedua probe di multimeter dihubungkan, jarum di bagian multimeter itu bisa bergerak ke bagian kanan lalu kembali lagi ke bagian kiri.

 

Mengukur Kapasitor dengan Multimeter Jenis Digital

 

Setelah menguji menggunakan multimeter analog, kini saatnya Anda melakukan pengukuran. Berikut ini adalah cara mengukur kapasitor dengan multimeter digital yang wajib untuk Anda ketahui :Anda harus mengatur bagian saklar selektor ke bagian simbol kapasitor.

Langkah kedua adalah Anda harus saling menghubungkan probe multimeter ke bagian kaki atau terminal kapasitor.

Setelah kedua langkah tersebut dilakukan, Anda bisa membaca nilai dari kapasitansi kapasitor itu.

Di layar multimeter Anda bisa melihat berapa nilai kapasitansi dari kapasitor yang Anda ukur. Sayangnya tidak semua multimeter bisa digunakan untuk mengukur kapasitor.

Multimeter yang digunakan haruslah multimeter digital yang bisa digunakan untuk mengukur kapasitansi.Memang tidak semua multimeter digital mendukung pengukuran terhadap kapasitor. Jika Anda ingin mengukur kapasitor, Anda bisa menggunakan alat bantuan pengukur nilai kapasitansi yang ada di kapasitor misalnya saja adalah LCR Meter dan juga Capacitance Meter. Untuk cara mengukurnya pun hampir mirip dengan multimeter. Yaitu dengan menentukan nilai kapasitansi paling dekat dengan kapasitor tersebut. Penentuan nilai kapasitansi itu bisa menggunakan pengaturan saklar selektor yang ada pada bagian LCR Meter maupun Kapasitansi Meter. Jika Anda tidak yakin dengan nilai kapasitansi yang dihasilkan dari cara mengukur kapasitor dengan multimeter digital, Anda bisa melakukan pengukuran ulang menggunakan LCR Meter maupun Kapasitansi Meter.

Related Ilmu Teknik:
Skema digital multimeter DT830B,cara menggunakan avometer fluke 117,Multitester digital DT380B