Fungsi Resistor Pada Komponen Alat Elektronika

Posted on

Fungsi resistor pada umumnya yang kita ketahui hanya satu saja, padahal masih ada empat fungsi lainnya yang juga perlu kita ketahui dari komponen elektronika dasar ini. Banyak atau bahkan bisa
dibilang semua rangkaian rangkaian elektronika itu pasti memakai jenis komponen elektronik ini. Sungguh untung dibalik pentingnya keberadaan resistor didalam suatu rangkaian, ialah harganya yang paling murah diantara komponen lainnya. Seandainya kenyataannya terbalik, tentu akan menambah beban bagi kita untuk praktik di dunia elektronika.

Fungsi resistor yang umumnya kita tahu itu adalah sebagai penghambat arus listrik yg melewati sebuah rangkaian. Sedikit mengenai macam-macam transistor. Bila dilihat berdasar nilainya, maka komponen ini bisa dibagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Fixed Resistor, yaitu resistor yang memiliki nilai hambatan tetap. Kedua adalah Variable Resistor, yaitu resistor yang mempunyai nilai hambatan yang bisa berubah-ubah. Ketiga adalah Resistor Non Linier, yaitu resistor yang disebabkan oleh pengaruh / faktor dari lingkungan seperti cahaya atau suhu, akan membuat nilai hambatannya menjadi tidak linier.
fungsi resistor

Sekarang, apa sih fungsi resistor yang jarang kita ketahui? Pertama adalah memiliki fungsi untuk membagi arus. Kedua, resistor juga berfungsi untuk membatasi / mengatur arus. Ketiga, komponen ini dimanfaatkan sebagai alat untuk menurunkan tegangan. Terakhir ialah bisa juga digunakan untuk membagi tegangan. Itulah keempat kegunaan resistor disamping manfaat utama yang lebih sering kita ketahui.

Sedikit tambahan diluar fungsi resistor, mengenai pengertian resistor adalah komponen elektronic dua buah kutub yang dirancang sebagai penahan arus listrik dengan membuat tegangan listrik diantara kedua buah kutubnya itu. Nilai tegangan tersebut terhadap resistensinya, berbanding dengan arus yang
mengalir yakni berdasar atas Hukum Ohm:

V = I R

I = V / R

Resistor ini dipakai sebagai bagian dr sirkuit elektronik dan jejaring elektronik, dan seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah komponen yang paling sering dipakai. Bahan pembuatan dari resistor bisa dari berbagai macam komponen dan film, atau bisa juga dari kawat resistensi yaitu kawat yg dibuat dari kumpulan resistivitas yang  tinggi layaknya nikel-kromium. Ok dah, sekian dulu pengetahuan mengenai Fungsi Resistor dan tambahan lainnya. Moga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *