Cara Merangkai Rangkaian Elektronika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Cara Merangkai Rangkaian Elektronika Dalam Kehidupan Sehari-hari. Salah satu contoh aplikasi elektronika bagi kehidupan sehari hari adalah rangkaian gerbang logika kombinasial. Rangkaian ini merupakan rangkaian yang dipakai pada rangkaian Adder, yang banyak dipakai dalam aritmatika yang menjadi dasar dari ALU atau lebih dikenal dengan sebutan Arithmatic and Logical Unit. ALU merupakan otak dari sistem micro komputer. Tanpa adanya ALU, komputer yang akan kita aplikasikan tidak akan berjalan.

Contoh yang lebih sederhana dalam aplikasi elektronika dalam kehidupan sehari hari adalah rangkaian lampu pararel yang terdapat di berbagai rumah. Komponen rangkaian lampu pararel merupakan rangkaian yang banyak digunakan karena pada rangkaian ini tidak hanya tergantung pada satu sumber energi saja.

Komponen yang digunakan pada aplikasi elektronika ada empat contoh yaitu resistor, diode, transistor dan juga kapasitor. Untuk contoh yang pertama adalah resistor yang mempunyai komponen karbon yang terdiri dari sebuah resistif berbentuk tabung dengan kawat pada kedua ujung. Yang kedua adalah Dioda yang berarti komponen aktif yang mempunyai dua saluran.

Dioda memiliki dua sisi yaitu sisi P dan juga sisi N. Untuk sisi P yang akan kita sebut positif, dinamakan Anoda sedangkan yang berlambangkan N sebagai diode negatif yang akan kita sebut seabgai Katoda. Lambang Dioda seperti anak panah yang mengarahdari sisi P ke sisi N.
aplikasi elektronika dalam kehidupan sehari-hari

contoh-aplikasi-elektronika-dalam-kehidupan
Rangkaian aplikasi elektronika

Untuk komponen yang ketiga adalah transistor. Dalam pengertianya, transistor berarti pengantar dan di dalam aplikasi elektronika transistor bisa disebut sebagai komponen aktif yang menggunakan aliran sebagai prinsip kerjanya di dalam bahan. Sebuah transistor memiliki tiga daerah dopen yaitu daerah emitter, daerah basis, dan juga Kolektor. Untuk komponen yang terakhir adalah kapasitor.

Kapasitor berarti komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. Struktur sebuah kapasitor terbuat dari dua buah plat metal yang dipisahkan oleh bahan dielektrik. Itulah beberapa penjelasan dan juga komponen yang terdapat di dalam dunia aplikasi elektronika, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *