Cara Membuat Rangkaian Klakson Telolet Motor

Posted on

Cara membuat Rangkaian Klakson Telolet Motor dan  – Beberapa waktu lalu Indonesia sempat digemparkan dengan fenomena “om telolet om”. Saking fenomenalnya, viru om telolet om mewabah sampai ke seluruh penjuru dunia berkat tweet para DJ tersohor seperti Marshmallow dan kawan-kawan.

Sebenarnya fenomena tersebut bermula dari bunyi klakson kendaraan bus. Karena bunyi klakson yang unik tersebut, banyak anak-anak yang suka dan meneriakkan kalimat “om telolet om” agar sopir bus mau membunyikannya. Namun tahukah anda sebenarnya klakson tersebut tak hanya bisa digunakan di bus saja?

Ya, kendaraan lain seperti mobil dan motor sebenarnya juga bisa dipasangi klakson telolet. Akan tetapi harga klakson tersebut tidaklah murah. Karena itu tak semua orang bisa membeli dan menggunakannya. Jika anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang tak bisa membelinya, jangan kawatir karena kita bisa membuatnya sendiri.

Rangkaian Klakson Telolet Motor

Dengan membuat klakson telolet sendiri tentu akan lebih hemat biaya karena harganya lebih murah. Cara membuat klakson telolet untuk motor atau mobil tidak susah karena semua bahan atau komponennya bisa didapatkan dengan mudah di toko atau penjual komponen elektronika.

Tercatat ada beberapa komponen penting yang diperlukan seperti kapasitor, resistor, IC LM 556, dan beberapa komponen lainnya. Berikut skema rangkaian klakson telolet motor sederhana dan mudah dibuat, termasuk oleh pemula yang baru belajar elektronika sekalipun. Jadi anda tak perlu ragu jika ingin membuatnya.

 

Jika dilihat dari rangkaian tersebut terdapat dua buah IC utama yakni LM 556 dual oscillator / timer dan LM 270 dual amplifier. Selain itu juga terdapat dua buah output speaker yang mampu menghasilkan keluaran suara telolet cukup lantang karena dilengkapi dengan penguat.

Itulah tadi info singkat mengenai rangkaian klakson telolet motor sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah. Silahkan bagikan info mengenai cara membuat klakson telolet ini kepada teman-teman anda yang juga berencana ingin membuat klakson telolet sendiri. Sampai jumpa di ulasan seputar elektronika yang tak kalah menarik berikutnya.

Related Ilmu Teknik:
membuat antena tv hp cross