Cara Membaca Kode Warna Resistor pada Tabel

Posted on

daftar tabel gelang warna resistorCara Membaca Kode Warna Resistor pada Tabel – Resistor adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif yang paling sering kita jumpai. Komponen yang satu ini ada di hampir semua jenis rangkaian elektronika, entah itu yang sederhana, maupun yang rumit. Resistor sendiri punya fungsi sebagai penghambat arus listrik.

Bicara soal resistor, kita mengenal berbagai macam resistor mulai dari resistor tetap sampai dengan resistor variabel. Pada umumnya, resistor tetap punya bentuk bulat memanjang dan di tengah bulatan panjang tersebut terdapat pita-pita warna melingkar yang menandakan nilai yang dimiliki oleh sebuah resistor itu sendiri.

Setiap warna pita pada resistor punya nilai, mulai dari hitam, coklat, merah, orange, kuning, hijau, sampai dengan perak. Untuk bisa membaca nilai resistor dengan benar, kita wajib tahu akan nilai dari masing-masing warna. Oleh sebab itulah diperlukan sebuah tabel warna resistor untuk melihat nilai atau angka dari masing-masing warna.

Tabel Kode Warna Resistor

Setiap resistor biasanya punya 4 sampai 5 jenis gelang warna. Untuk pembacaannya sendiri antara resistor dengan 4 gelang dan 6 gelang tentunya berbeda. Untuk memperdalam pemahaman anda, alangkah baiknya disimak terlebih dahulu ulasan terkait tabel kode warna resistor berikut ini.

tabel kode warna gelang resistor

Nah, dari tabel kode warna tersebut anda bisa mengetahui kira-kira berapakah nilai resistansi dari sebuah resistor yang punya kode warna tanpa harus mengukurnya menggunakan alat bantu seperti multitester dan sebagainya. Untuk bagaimana cara mengukuran resistor berdasarkan kode warna, telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Yang perlu anda tahu bahwa tak semua jenis resistor punya kode gelang warna. Ada beberapa jenis resistor yang tak punya gelang warna seperti resistor variabel, resistor pack, resistor SMD, dan lain-lain. Biasanya pada body resistor tersebut terdapat angka yang melangbangkan nilai hambatan dari resistor tersebut. Berikut contoh kombinasi kode warna pada resistor.

membaca resistor berdasar warna

Semoga informasi yang kami paparkan kali ini terkait Cara Membaca Kode Warna Resistor pada Tabel tadi dapat menambah wawasan anda dalam praktek mengukur resistor melalui kode warna dengan benar. Jangan ragu untuk share artikel ini ke teman-teman anda, karena semakin banyak orang yang tahu, maka akan semakin baik. Sampai jumpa.