7 Tips Penting Sebelum Membeli Barang Elektronik

Posted on

 7  Tips Penting  Sebelum Membeli Barang Elektronik – Barang-barang elektronik rumah tangga seperti televisi, kulkas, rice cooker, dispenser, hingga kipas angin kini sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang. Hampir setiap rumah pasti ada salah satu atau beberapa barang elektronik tersebut.

Saking banyaknya kebutuhan konsumen akan barang elektronik, penjual barang elektronik semakin hari juga semakin banyak. Penjual satu dengan penjual yang lain saling bersaing demi mendapatkan konsumen dan keuntungan dari penjualan barang elektronik.

Karena hal tersebut tak sedikit penjual barang elektronik yang menghalalkan segala cara untuk menggaet calon konsumen. Salah satunya adalah dengan menjual barang dengan kualitas yang kurang bagus agar dapat untung besar. Oleh sebab itu konsumen haruslah cerdas. Tujuannya tak lain adalah agar tidak tertipu.

Tips Penting Sebelum Beli Barang Elektronik

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan atau hal yang tak diinginkan lainnya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat hendak membeli barang elektronik. Jika anda ingin tahu, berikut akan kami share info singkat mengenai tips penting yang harus anda perhatikan sebelum beli barang elektronik.

1. Cari Info Barang yang Hendak Dibeli

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum beli barang elektronik adalah mencari informasi terkait barang yang hendak dibeli. Cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari detail spesifikasi barang, kelebihan dan kekurangannya, hingga harganya di pasaran. Tujuannya adalah agar barang yang anda beli sesuai dengan ekspektasi.

2. Pilih Toko yang Sudah Terpercaya

Sebaiknya anda membeli barang elektronik dari toko yang memang sudah terpercaya. Setidaknya sudah ada teman atau kerabat anda yang pernah beli di toko tersebut dan puas dengan barang yang dia beli. Tujuannya tak lain untuk meminimalisir terjadinya penipuan oleh penjual yang kurang terpercaya.

3. Cek Kondisi Fisik Barang

Setelah anda menemukan toko yang sekiranya cocok, cek kondisi barang yang hendak anda beli. Jika anda membeli barang baru, pastikan kondisinya masih tersegel. Brand-brand barang elektronik ternama tentunya akan memberikan himbauan kepada konsumen untuk tidak menerima barang apabila kondisinya rusak atau sudah tidak tersegel.

4. Cari Barang Elektronik yang Bergaransi Resmi

Tips selanjutnya adalah sebaiknya anda mencari barang elektronik yang punya garansi resmi. Tujuannya adalah agar anda mudah untuk melakukan klaim apabila terjadi kerusakan saat masa garansi berjalan. Anda harus tahu garansi apa yang diberikan, apa itu garansi toko, garansi distributor, atau garansi resmi dari produsen.

5. Buat Perjanjian dengan Penjual

Agar tidak merepotkan anda di kemudian hari, sebaiknya anda membuat perjanjian dengan penjual (di luar ketentuan garansi). Misal ketika barang rusak selama tidak lebih dari satu bulan maka langsung diganti dengan unit baru tanpa harus melalui proses klaim garansi yang terbilang rumit.

6. Bandingan dengan Toko Sebelah

Jangan lupa untuk membandingkan harga barang elektronik di toko satu dengan yang lain. Siapa tahu anda bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Jadi jangan malas untuk membuat perbandingan antara toko satu dengan toko yang lain untuk mendapatkan harga terbaik.

7. Jangan Mudah Tergiur Iming-iming Promo

Yang terakhir adalah sebaiknya anda tak murah tergiur dengan iming-iming harga promo yang biasanya ditawarkan oleh penjual. Teliti sebelum membeli, karena biasanya ada harga ada kualitas. Cek secara mendetail mengapa barang elektronik di toko tertentu harganya bisa jauh lebih murah. Siapa tahu terdapat perbedaan yang cukup signifikan soal kualitasnya.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum membeli barang elektronik. Dengan adanya info tadi diharapkan anda tidak mudah tertipu dengan penjual-penjual nakal. Jangan lupa share info tips sebelum beli barang elektronik ini ke teman-teman anda.

Related Ilmu Teknik:
casan hp yang amper tinggi